Monday, March 31, 2008

INI LHO CERITANYA CARA SAYA BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MUDAH

INI LHO CERITANYA CARA SAYA BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MUDAH

Kita semua semua pasti sudah pernah belajar bahasa Inggris. Persoalannya banyak dari kita yang sampai saat ini tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik. Banyak sekali alasan dan penyebabnya. Untuk itu ada baiknya mempertimbangkan cara pembelajaran yang kami tawarkan.
Pembelajaran bahasa Inggris ada yang dilakukan dengan cara membeo atau mengikuti apa yang dikatakan oleh guru/orang. Cara ini akan tepat untuk pembelajaran percakapan atau pada pengajaran bahasa untuk anak-anak. Namun pembejaran semacam ini akan kurang tepat bagi pembelajaran untuk orang dewasa di Indonesia yang sudah cara berbahasa ibunya telah melekat dan cara berfikirnya sudah dipengaruhi kultur bahasa Indonesia yang memang berbeda. Selain memerlukan waktu yang panjang, orang dewasa akan kesulitan belajar hanya dengan membeo karena cenderung akan membosankan dan banyak lupa.
Untuk itu bagi mereka mencoba pembelajaran dengan cara analisis dan pemahaman (pendekatan penerjemahan) perlu dicoba. Sebab pola pembelajaran seperti ini ternyata banyak yang merasa berhasil meningkatkan kemampuan berbahasa terutama untuk meningkatkan kemampuan READING, WRITING, DAN TRANSLATING.
Basis pembelajaran ini adalah pemahaman SPO concept. yang merupakan struktur bahasa yang universal yang digunakan untuk menganalisa struktur bahasa. Sejak dini peserta didik akan dikenalkan struktur dasar penyusun kalimat yakni Subject, Predicate dan Complement (Kata keterangan). Subject adalah masalah pokok yang akan dibicarakan (harus berupa kata benda atau yang dibendakan) sementara predicate adalah penjelasan mengenai subject itu; Jika kalimatnya menggunakan kata kerja (verbal) maka digunakan kata kerja sebagai predicaktnya, namun jika kalimatnya tidak menggunakan kata kerja maka (kalimat non verbal) maka kalimat itu harus menggunakan to be sebagai predikatnya.
Sementara kata keterangan bisa berupa kata sifat, kata benda, kata kerja (yang dibendakan/atau berfungsi sebagai kata keterangan). Dengan pemahaman ini maka peserta didik asal sudah diajarkan mengenai bentuk benttuk kata akan bias menyusun kalimat dasar.

Contoh:
Jalan itu (adalah) licin
Narkoba (adalah) sangat berbahaya
PT Usaha Jaya akan membangun jalan itu
Saya belajar bahasa di Universitas

Karena kita sudah tahu bahwa subject harus kata benda atau yang dibendakan, maka ketika mencari di kamus, kita harus memilih kata benda yang sesuai untuk menjadi subject. Kemudia kita juga memilih kata kerja atau to be yang sesuai untuk menduduki posisi predicat. Dari kamus akan diperoleh sbb.

BHS INDONESIA ____________BHS INGGRIS__________FUNGSI
Jalan itu____________ ________ The street (n____________(kata benda)
(adalah) ____________ ________is ____________ ________(to be) predikat
Licin____________ _________ __slippery (adj).___________(kata sifat /adjective)
narkoba____________ _________narcotic (n)____________kata benda
(adalah) ____________ ________ is____________ ________(to be) predikat
Sangat berbahaya____________ _very dangerous_________.(kata sifat
PT Usaha Jaya____________ ____nama diri (n)___________.(kata benda)
akan membangun____________ __will constructs__________kata kerja
jalan itu____________ _________the street____________ __.(kata benda)
Saya____________ _________ __I____________ ________(kata ganti benda)
belajar____________ _________ _ learn____________ _____.(kata kerja)
bahasa ____________ _________language____________ ___(kata benda)
di Universitas____________ ____in University.___________(kata benda dg kt depan)

Berdasarkan data-data di atas maka kalau disusun akan menjadi

SUBJECT____________ __PREDICATE____________ _COMPLEMENT
Jalan itu____________ ____(adalah)____________ _____licin
The street____________ __is____________ _________ _very slipery

Narkoba____________ ___(adalah)____________ _____sangat berbahaya
Narcotic____________ ____is____________ _________very dangerous

PT Usaha Jaya___________akan membangun_________jalan itu
PT Usaha Jaya___________will construct____________the street

Saya ____________ ______belajar____________ _____bahasa di Universitas
I____________ _________ .learn ____________ ______.language in University

Penyusunan kalimat ini sederhana dan amat mudah. Ibaratnya kita hanya tinggal menempatkan unsur-unsur kalimat itu pada tempatnya. Ini adalah langkah pertama dan tentu masih banyak yang salah.
Secara ringkas kandang fungsi berikut mungkin bisa menjelaskan bagaimana kalimat itu bisa disusu. Yang perlu diingat, kandang fungsi adalah untuk satu kalimat sempurna. Jika kalimat itu kalimat majemuk, maka itu berarti dua atau tiga kalimat yang semua bisa dibreakdown dalam kandang fungsi ini.
============ ========= ========= ========= ========= ========= =========
SUBJECT______PRED__________OBJ./COMPLEMENT.
============ ========= ========= ========= ========= ========= =========
____________ _________ ________PREP) NOUN
____________ _________ ________ADJECTIVE
NOUN________VERB/TO BE._____VERB+ING.______(yg/dg/sambil me..)
.___________ _________ _________TO+VERB I______(untuk me…(aktif)
____________ _________ ________VERB III ________.(yg/dg di…)
____________ _________ ________ADVERB...
============ ========= ========= ========= ========= ========= =========
Swimming______is____________ __my hobby
I.____________ _like____________swimming.
The store_______is____________ _behind the supermarket.
She___________is.____________ _happy.
The book.______is ____________ _.interesting to read
I.____________ _want.___________to see my mother.
I____________ _saw____________him wearing a black leather _______dg/ me)
____________ _________ ________jacket made in bandung __________yg dbt)
He ___________fired.___________wounding one of the bandits______ dg melkai
He___________gave.___________me a bag wrapped with plastic._____yg dibngks
I ____________want____________to buy the book displayed there____yg dpjang
He___________come___________here quickly____________ _______ dgn cepat
.
Lihatlah bentuk-bentuk kata kerja setelah predicate. Coba latih.

Prinsipnya dengan memasukkan kata-kata ke dalam kandang tersebut sesuai dengan fungsinya maka kalimat akan benar secara grammar (walau tetap ada beberap pengecualian) . Dengan demikian dengan satu rumus ini anda dapat menyusun berbagai bentuk kalimat. Kandang fungsi di atas juga dapat digunakan untuk analisa makna kalimat untuk membaca dan menerjemahkan.
Berikut adalah contoh untuk kalimat majemuk dalam kandang fungsi yang disusun melebar.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________ ___
S............ ........P............C............ ......... ......... ........S............ ......... ....P............ ......... ...C

The street...was. ..very slippery therefore....PT Usaha Jy...constructeed ..the street
The man.....is.. .....very happy because.... .his son......... ....has come ........home
He ............ ..was.... here, but........... ..he........ ......... .....doesn’ t ...........know anything

Setelah kita dapat menyusun kalimat majemuk seperti di atas, kita akan membuat kalimat majemuk yang lebih sulit. Terus dan terus berlatih dari kalimat sederhana, kalimat negative, kalimat tanya, tensis kalimat majemuk yang sederhana kemudian kalimat yang lebih kompleks. Kita juga akan belajar menyusun kalimat yang dalam bahasa Indonesianya tidak jelas subjectnya atau predikatnya. Semua tetap akan semudah menyusun kalimat sederhana.
Tentu pada tahapan ini bahasa Inggris belum sempurna. Namun dengan terus berlatih kita akan semakin kaya kosa kata, dengan belajr mengucapkan dengan dibimbing guru, kita akan fasih.
Formula ini adalah hanya untuk sedikit memudahkan dalam proses pembelajaran. Tetap saja ada dari bahasa Inggris yang merupakan pengecualian. Tapi pengecualian ini tidak banyak dan sambil banyak membaca dan berlatih, kita akan dapat menguasainya juga.