Wednesday, April 16, 2008

Asthenopia dan Kesehatan Mata

Mata merah dan berair, penglihatan yang menjadi kabur, ketegangan pada otot okular, kepala pusing, iritasi, dan gejala lain seperti pegal di sekitar punggung, bahu dan vertigo adalah beberapa keluhan yang kerap dialami oleh orang yang menggunakan komputer dalam waktu yang lama.

Kelelahan mata atau dalam istilah medis disebut asthenopia adalah kelelahan yang diakibatkan pemusatan aktivitas penglihatan (seperti membaca atau pemusatan pandangan pada layar komputer) yang menyebabkan otot mata bagian dalam menjadi lebih tegang daripada keadaan normal. Terfokusnya pandangan pada layar komputer dalam waktu yang lama tanpa dibarengi dengan break berkala dapat menyebabkan mata menjadi lebih cepat lelah dan kering.

Asthenopia dapat diantisipasi dengan memperhatikan beberapa tips berikut:




Hindari pantulan
Sebaiknya workstation anda bebas dari pantulan baik itu pantulan dari sinar matahari ataupun lampu. Jika tidak memungkinkan, maka pantulan tersebut dapat dihalangi dengan cara menutup tirai jendela saat matahari terik atau geser posisi komputer anda.

Pastikan posisi layar monitor berada di bawah level mata anda.
Hal ini ditujukan agar anda tidak perlu mendongakkan ataupun membungkukkan badan ketika membaca tulisan pada layar monitor.

Pencahayaan yang baik.
Penerangan yang baik adalah penerangan yang berasal dari atas dan tidak menimbulkan bayangan. Hindari pencahayaan yang berasal dari belakang komputer karena mata akan menjadi lebih cepat lelah karena harus memfokuskan pandangan dengan dua sumber cahaya sekaligus yaitu lampu dan layar monitor.

Kondisi layar monitor sebaiknya selalu bersih.
Hal ini dimaksudkan agar muatan elektrostatik yang berasal dari layar monitor akan berkurang.

Istirahatkan mata anda secara berkala.
Tiap jam dengan cara memandang objek yang berada cukup jauh.

No comments: