Tuesday, April 8, 2008

Tips mengecek grammar

Hallo friends.
Dari tulisan-tulisan anda semua kayaknya banyak yang kurang teliti dalam berbahasa Inggris.
Aku punya cara paling mudah untuk cekking kebenaran grammar bahasa inggris untuk membetulkan kesalahan fundmental yang sederhana namun mengganggu.

1. Semua kalimat harus mempunyai subjek berupa kata benda (mutlak). Jika kata-kata lain mau dijadikan subjek harus dibendakan (verb menjadi verb+ing/atau to infinitive). Jangan I like swim tapi I like swimming. Jangan swim is my hobby, tapi swimming is my hoby. Dst.
2. Preposisi adalah kata depan (dlam bahasa Indonesia) Jadi setelah preposisi kata apapun (verb, adjective dst) harus dibendakan. Jadi jangan before send it tapi before sending it.
3. Semua kalimat harus punya predicate dan hanya satu predicate. Jika kalimatnya mengandung kata kerja, jadikan kata kerja sebagai predikatnya. Jika tidak ada kata kerja, masukkan (hanya satu) to be yang sesuai. Jangan ada kalimat "I am meet my friend". atau "He is come home". tapi "I meet my friend". "I come home" (menggunakan predikat kata kerja karena mengandung kata kerja. Atau "I am happy", dan "He is my family".
4. Jika dalam kalimat (bahasa Indonesia) mengandung beberapa kata yang dalam bahasa inggris akan menjadi kata kerja singatnya jika dalam satu kalimat terdapat kata kerja lebih dari satu, maka hanya satu yang dijadikan predikat, dan kata kerja yang lain akan menjadi verb+ing (punya makna yang me/sedang), atau to infinitive (dekat dengan makna untuk), atau verb III (yang punya makna yang di/dengan di).

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
SUBJECT I PREDICATE I OBJECT/COMPLEMENT
------------ --------- --------- -------+- --------- --------- -------+- --------- --------- --------- --------- --------- --------- ---------

NOUN I VERB/TOBE I NOUN
I I ADJECTIVE
I I VERB+ING
I I TO + VERB I
I I VERB III
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________ _________ _

Silahkan ikutin ini dulu. Pasti bahasa Inggris anda akan benar gramatically. Sebenarnya ada penjelasan lain atau kiat-kiat lain untuk baiknya bahasa Inggris Anda, namun tempatnya sempit.

1 comment:

Anonymous said...

bukannya udah di ajarin di SMA, lupa ya... jadi diingetin nih!
goods tips