Wednesday, April 16, 2008

Ayo! berantas tuntas TB

Mungkin diantara kita tidak ada yang sadar bahwa kita baru saja memperingati hari tuberculosis (TB) dunia ke 126 (tua juga ya?) pada tgl 24 Maret 2008 kemarin. Dan sepertinya kita melaluinya serasa tanpa ada yang aneh dan lewat begitu saja. Apa aih arti penting TB bagi kita? Masalahnya apa?

Tuberculosis atau TB atau TBC (baca:tebece) dikenal di masyarakat kita dengan sebutan paru-paru basah, atau ada yang menyebutnya juga dengan istilah flek. Penyakit ini adalah penyakit menular yang sangat infeksius dan angka kesakitannya semakin hari semakin meningkat. Terutama seiring dengan makin meningkatnya kasus HIV/AIDS, penggunaan psikotropika dan terjadinya multi drugs resistance (MDR).

Dalam laporan terakhir WHO menyatakan jumlah penderita TB di dunia diperkirakan 14 juta orang (9, 2 juta adalah kasus baru) dan Indonesia menempati nomor urut 3 setelah India dan China. Saat ini jumlah penderita TB di Indonesia diperkirakan berjumlah 578.410 orang dengan 240 jiwa melayang perharinya. Apakah ini angka yang kecil? Bandingkan dengan flu burung yang begitu heboh, total angka kematiannya sejak tahun 2006 hingga sekarang baru mencapai 107 jiwa.

No comments: