Wednesday, April 16, 2008

Gejala Dini Sakit Ginjal

"Saya menulis apa yang terjadi pada diri saya tentang penyakit ginjal yang saya alami, ini saya tuangkan dalam bentuk tulisan karena banyaknya teman teman yang bertanya pada saya, kenapa saya kena sakit ginjal langsung kronis tanpa adanya gejala awal dahulu. Sebetulnya gejalanya sudah ada beberapa tahun sebelumnya, karena ketidak tahuan saya tentang penyakit ini, makanya saya kecolongan.

Setelah saya alami dan mambaca artikel di internet, barulah saya sadar, bahwa yang saya alami beberapa tahun lalu itu adalah gejala/warning dini, bahwa ada yang tidak beres dengan ginjal saya. Ceritanya begini, pada tahun 2004, saat saya ditugaskan ke South Jambi, bangun tidur pagi saya merasakan ada kelainan di kaki saya, saat itu kaki saya agak bengkak dan saya pergi ke klinik, disana, diperiksa oleh paramedic kita Pak Junaidi, dan saya dikasih obat/tablet katanya untuk membuang kelebihan cairan dalam tubuh saya.

Setelah makan obat itu, memang kaki saya normal kembali, saat saya kerja di Ramba, kejadian serupa terulang lagi, dan saya pergi lagi ke klinik, saya diperiksa, juga saya dikasih kapsul yang bernama Lasix, katanya cairan ditubuh saya turun ke kaki karena banyak kerja berdiri, setelah makan obat tersebut, kaki saya kembali normal. Saat tekanan darah saya diperiksa, ada kenaikan yang drastis, saya dikasih obat penurun tekanan darah/tensivask, dan saya makan, tekanan darah saya turun/normal, apabila tidak saya makan, tekanannya naik kembali, sejak itu saya dinyatakan kena tekanan darah tinggi, saya harus makan obat terus.

Setelah saya rutin makan obat tekanan darah tinggi/tensivask, saya tidak merasakan gejala apapun, hanya saya bingung, kenapa saya cepat merasa lelah, kalau kerja agak berat sedikit dan pagi pagi suka ngantuk walaupun saya cukup tidur malamnya. Saya pergi ke klinik, katanya saya kurang istirahat saja dan kerja terlalu berat, saya disarankan istirahat yang cukup. Akhir tahun 2004, saya medical check up, menurut hasilnya, semua baik, kecuali kolestrol yang agak tinggi, saya tidak merasakan kelainan, kecuali sering lelah dan ngantuk pada pagi hari.

Pada tahun 2005 Oktober saya dipindah ke Grissik, saya disuruh check up akhir 2005, hasilnya, saya disuruh dr. Charles check kembali ke Charitas, karena ada kelainan dari hasil check up saya tersebut (disana ada kenaikan kadar Ureum dan Kreatinin dalam darah saya), setelah CTO saya pergi ke RS Charitas dan berobat ke dr.Ian Effendi (Spesialis Hipertensi/penyakit dalam), saya langsung disuruh tinggal untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah 1 minggu saya tinggal dan mengalami beberapa pemeriksaan, saya diberitahu bahwa ginjal saya mengalami infeksi. Saya diberikan sampai 9 macam obat obatan, saat masuk saya buang air kecil masih lancar, setelah 1 minggu, turun drastis. Sampai hanya 100 cc saja sekali buang air kecil. Dalam beberapa hari badan saya bengkak (banyak cairan yang masuk dari yang keluar), dokter menyatakan saya kena penyakit ginjal kronis,fungsi ginjal saya tinggal 15% saja dan saya harus di cuci darah, untuk membuang racun/kelebihan cairan didalam tubuh saya.

Dari apa yang saya alami, saya menyimpulkan, kita harus hati hati apabila mengalami hal hal yang berikut ini :





Protein positip didalam darah

Ada pembengkakan di kaki kiri dan kanan

Cepat merasa lelah dan mengantuk walaupun tidur cukup

Tekana darah tinggi

Ada diabetes/kencing manis

Kadang kadang ada rasa tidak enak dimulut/seperti bau pesing walaupun tidak makan pete

Berjalan kadang kadang limbung/bangun tidur pagi perut terasa mual/mau muntah (tandanya kadar ureum/kreatinin naik dalam darah, normalnya ureum 10-50 mg/dl, kreatinin 1,5)



Mudah mudahan apa yang saya tulis diatas menjadi bahan untuk semua teman teman waspada.
Terima kasih.

No comments: